Bicara tentang menggenap

Sudah bukan hal yang tabu lagi tapi sangat sensitif jika ditanyakan. Apakah itu? Kayaknya udah pada tau tulisan ini akan mengarah kemana bahasannya 😀

Kenapa yaa orang itu gak ada hentinya nanyain kapan nikah? Kenapa gak didoain aja, kenapa gak sekalian bantu nyariin jodoh wkwk. Beberapa hari yang lalu dikagetkan dengan kabar dari temen cowok. Ceritanya saya tuh cukup tau betul dan sedikit terlibat dengan kisah pencariannya dia. Kami kenal sejak SMP. Dia adalah orang yang jail banget asliii. Awalnya saya dikabari akan keberangkatan umrohnya, dia minta maaf dan minta didoain agar umrohnya lancar, sekaligus menitipkan salam pada seorang teman. Eeee.. terus nih beberapa minggu setelah dia pulang umroh, ih gercep bangetlah langsung melamar si perempuannya, wkwk. Semacem mendapat petunjuk gitu kalo gak boleh gantungin anak orang ehh. Antara terharu, ngakak dan mengapresiasi seseorang kayak teman saya ini nih luar biasa juga ya mentalnya *prokprokprok. Cukup berani lah di usia yang masih 22.

Padahal nih dulunya dia suka ngeledekin saya yang mau nikah muda, katanya waktu itu. Yaa emang sempet sih mikirin mau nikah muda, tapi makin kesini “tak semudah itu ferguso.” Tuh kan pada akhirnya dia duluan yang mau nikah wkwk. Emang tampang saya kayak orang kebelet mau nikah apa, hmm >< Iih serius mah awas aja kalo ketemu saya timpukin balik kata-kata yang pernah dia bilang hahaha. Kadang teman-teman kelas SMA saya agak gak sopan sih melontarkan obrolan,

“Eh kayaknya fitri dulu deh yang bakalan nikah nih.”

“Eh kamu tuh jangan gitu, ntar taunya fitri duluan yang halal.”

“Eh fit, kayaknya kamu bakalan nikah deh taun 2019 ini.” (hiyaaa aamiin-in dulu aja deh, kali aja ada yang nyantol + cocok, tinggal akad deh haha. Gils gampang bgt emang kalo ngomong wkwk)

Ada lagi obrolan yang lebih ngeselin,

“Dek, kapan mau nikah? Udah jamannya tsunami nih. Mumpung belum kiamat.” (How dare you hah!)

“Ngumpulin duit kerja buat apalagi kalo bukan ditabung buat biaya nikah. Udah sana, mau cari yang kayak gimana sih?” (tipe orang kayak gini enaknya diapain ya kalo tiba tiba nyosor -_-)

Yaa gitulah capek dengerin omongan anak manusia yang bikin “longsor” perasaan, emosi dan keyakinan. Makanya di sini nih pentingnya pegangan ke Allah. Orang dengan obrolan kayak gitu mah gak usah dibawa perasaan yang berlebihan. Gak usah risau yaelah. Dikurang-kurangi deh ngefollow akun-akun yang ngomporin buat nikah. Mendingan cari ilmunya, dibarengi ikhtiar dan doa yang melangit. Allah gak akan pernah capek dengerin doa hamba-hambaNya, karena Dia itu As-Sami’.

Emang bener nikah itu kebaikan makanya harus disegerakan, beda dong dengan terburu-buru tanpa persiapan yang matang. Kalo ada orang yang belum nikah sampe usia tertentu, percaya deh mungkin Allah masih ingin memberikan kebaikan-kebaikan yang lain. Bukan bearti si orang tsb gak pengen nikah, yaa mungkin memang belum waktunya. Kata Allah sih nanti insyaAllah ada waktunya sendiri. Kadang dengan gampangnya orang lain menjudge orang yang belum nikah (terkhusus jika itu perempuan) hingga usia 30+. Padahal bisa jadi ada beberapa pilihan, prioritas atau kondisi-kondisi lain di belakangnya selama dia berproses mencari. Harusnya kita lebih berempati dengan menjaga perasaan si orang tersebut. Lebih berhati-hati lagi kalo mau menyindir, bully atau menanyakan semacamnya. Karena lidah itu ya gak bertulang, nanti khawatir malah ngomongnya bablas. Saya jadi inget pertanyaan seorang teman,

“Fit. menurut kamu aku salah gak sih berpikiran gini aku its okay kok mau nikah umur berapa aja, mau itu 27 kek. Aku gak membatasi umur. Tapi yang jelas kalo sekarang aku gak dulu. Eh tapi kita kan gak tau juga sih rencana ke depan haha. Soalnya temen-temen aku tuh pada nargetin umur gitu loh fit”

“Yaa gak salah, gapapa dong kan diukur dari seberapa siapnya kamu juga.”

Yaampun kadang tuh kalo ngobrol sama temen kenapa topiknya pasti menjurus ke arah nikah yaa. Hmm kayaknya baru kemarin jadi anak TK wkwk. Kadang suka bosen yaa ngomongin ini. Tapi sayangnya kita juga gak bisa mengerem apa yang orang mau omongin sih :/ (termasuk saya yang nulis ini XD)

Udahlah terima aja, mungkin juga udah memasuki fasenya khan~ Hayuk ah para perempuan jadi orang yang pandai menjaga diri, pandai tidak menaruh hati sebelum waktunya dan pandai tidak menaruh harapan kecuali ke Allah semata :)) Protect your heart from toxic ppl!

Ohyaa, coba deh nontonin video dari akun yutub “Kala Journal”. Disitu videonya inspiratif banget dengan narasumber yang kece, ngasi tau kita anak-anak 20an+ buat mengeksplorasi banyak hal yang harusnya gak boleh kita lewatkan. Mau itu cobain tantangan baru, menggali passion atau mengasah skill, biar nih masa muda kita gak diabisin buat menggalau aja aduhai~ Btw nih, ntar salah satu pertanyaan di hari pengadilan-Nya adalah digunakan untuk apa masa mudamu? Yaa malu dong weh sama Allah kalo jawabnya, ” mikirin jodoh ya Rabb.” Idih, apaan gtu yaa kita dari sekarang pokoknya harus mempersiapkan jawaban yang lebih berkelas! Harus!

Sesungguhnya PR-PR kehidupan ini masih banyaaak banget yang harus diselesaikan. Bagaimana membuat kehidupan bermakna, memaksimalkan masa penantian *ehh dan lain-lain. Dan yak mari kita tutup tulisan ini dengan kutipan di bawah ^^ *nobaper

Saat kata aku dan dia menjelma kita, akan lebih banyak kebaikan yang dikerja. Pernikahan hakikatnya adalah ajang untuk saling berlomba, melejitkan potensi bersama, dan mengangkasa berdua. Bergenggaman tangan menuju visi yang sama, bahu-membahu mengejar surga-Nya.

DEWI NUR AISYAH

PS: nulis ini bukan karena galau, tenang aja saya masih on the track insyaAllah, doain yaa :’) tapi suka suka saya dong yaa mau menumpahkan pikiran yang kayak gimana XD seenggaknya benang kusut pikiran saya bisa terurai 😛

Tinggalkan komentar